PIPA HITAM MEDIUM ERW ASTM A53 » Lucky Logam

PIPA HITAM MEDIUM ERW ASTM A53

PIPA HITAM MEDIUM ERW ASTM A53 adalah pipa besi untuk struktur dan cairan tekanan rendah. Pipa ASTM A53 memiliki tiga jenis tipe yaitu: Ti...

PIPA HITAM MEDIUM ERW ASTM A53 adalah pipa besi untuk struktur dan cairan tekanan rendah. Pipa ASTM A53 memiliki tiga jenis tipe yaitu:

pipa hitam erw astm a53
  • Tipe F - Continuous weld (hanya ada pada grade A) / Furnace butt weld
  • Tipe E - Longitudinal ERW
  • Tipe S - Seamless. Tipe Seamless sudah tidak berlaku dan sudah diganti dengan standard ASTM A106

Tipe yang kami supply adalah pipa ASTM A53 grade A Sch40 buatan SPINDO dan BAKRIE

black steel pipe erw astm a53

Specifikasi

Berikut adalah detail spesifikasi: 

  • Pipa SPINDO A53 grade A schedule 40
  • Pipa BAKRIE A53 grade A schedule 40
Technical Spec
BahanBlacksteel / Pipa Hitam ASTM A53 Grade A
TekananSch. 40, tersedia Sch. 20/Standard
MerkBakrie
SambunganLas, ERW/Welded
Ukuran1/2 inchi s.d. 24 inchi

Pipa ASTM A53

Pipa ASTM A53 memiliki nama lain, yaitu ASME SA53. Pipa ini biasanya digunakan untuk aplikasi mekanis dan tekanan. Akan tetapi, pipa ini juga dapat dipakai untuk penggunaan dalam saluran uap, udara, gas, dan air. Spesifikasi ini sangat cocok untuk pengelasan dan untuk proses pembentukan yang melibatkan penggulungan, pembengkokan, dan flanging dengan persyaratan tertentu.

Pipa ASTM A53 dapat berupa seamless, welded, hitam, dan hot-dipped galvanized yang rata-rata dipakai untuk tujuan coiling, bending, flanging, serta keperluan khusus lainnya. ASTM A53 cocok untuk melewati proses pengelasan dengan aman dan tanpa cacat.


Pengujian

ASTM juga mengatur standarisasi pengujian untuk spesifikasi pipa ini. Salah satu pengujian yang dijalankan adalah hydrostatic inspection test pressure. Test ini dijalankan untuk mengetahui tingkat kekuatan tekanan yang bisa ditahan oleh pipa. Prosesnya dilakukan dengan cara tekanan hidrostatik harus dipertahankan tidak kurang dari 5 detik untuk semua ukuran pipa seamless dan pipa las tahan listrik.

Tipe dan Grade

Pipa ASTM A53 tersedia dalam tiga tipe, yaitu F, E, dan S. Kemudian, spesifikasi ini memiliki dua grade, yaitu A dan B. A53 Tipe F diproduksi dengan cara furnace butt-weld atau mungkin continuous weld (hanya Grade A). Untuk Tipe E diproduksi dengan cara electric resistance weld. Sedangkan, tipe S melalui metode seamless. Grade A dan B pada umumnya dipakai di seluruh tipe industri. Namun, biasanya grade B berjenis seamless (S) paling populer dan mudah ditemukan dalam status ready stock.

Itulah spesifikasi lengkap ASTM A53 yang bisa dijadikan referensi sebelum memesannya di pemasok atau produsen pipa langsung. Jika ingin mendapatkan pipa ASTM A53 yang original dan berkualitas terbaik, Anda bisa memesannya dari Dewana Logam.


Dewana Logam merupakan supplier material logam unutk berbagai kebutuhan industri, khususnya untuk kebutuhan konstruksi pipeline. Pipa yang tersedia dalam berbagai macam spesifikasi. Mulai dari ASTM SA/A53-B, ASTM SA/A106-B, ASTM SA/A312 TP304/304L, ASTM SA/A312 TP316/316L, API5L-B/API5L-X42, ASME B36.10 & ASME B36.19. 


Pipa yang tersedia diproduksi melalui proses seamless dan berukuran yang fixed, yaitu sepanjang 6 meter. Ukuran pipa yang tersedia mulai dari ½” hingga 16”. 


Selain pipa, kami juga menyediakan stok produk yang selalu ready untuk Anda yang mencari fittings, flange, stud bolt, nut, serta gasket. Anda tidak perlu khawatir dengan harga dan kualitas yang kami jual. 

Disqus
Blogger